Kajari Tomohon pimpin rapat Tim Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Tomohon (19/2) – Pelaksanaan rapat perdana Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) pada Kejaksaan Negeri Tomohon Tahun 2019 dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tomohon Edy Winarko, SH, MH dengan didampingi oleh Ketua Tim ZI Wilke H. Rabeta, SH (Kepala Seksi Intelijen).

Dalam rapat tersebut, Kajari Tomohon memberikan beberapa poin arahan kepada Tim  ZI Kejari Tomohon, antara lain :

  1. Kejari Tomohon pada tahun 2018 telah masuk dalam nominasi 8 Kejari tipe B yang mengikuti seleksi  Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2018, sehingga saat ini Kejari Tomohon masuk dalam pembinaan dari Reformasi Birokrasi  (RB) Kejaksaan Agung RI dan Kementriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  2. Saat ini melalui Surat Keputusan Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Nomor : KEP-03/R.1.15/Cp.1/02/2018 tanggal 18 Februari 2019, Kajari Tomohon  telah membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Kejaksaan Negeri Tomohon Tahun 2019.
  3. Tim tersebut terdiri dari 6 Kelompok Kerja (Pokja), antara lain :
    • Pokja Manajemen Perubahan,
    • Pokja Penataan Tatalaksana,
    • Pokja Penataan Sistim Manajemen SDM,
    • Pokja Akuntabilitas Kinerja,
    • Pokja Pengawasan,
    • Pokja Kualitas Pelayanan Publik.
  4. Bahwa Tim  ZI Kejari Tomohon memiliki tugas untuk melaksanakan proses dan tahapan-tahapan program/kegiatan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Kejaksaan Negeri Tomohon sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan. Disamping itu Tim ZI membuat analisa kesenjangan antara kondisi lapangan dengan standart dalam lembar kerja evaluasi ZI sebagaimana dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014.
  5. kita berharap dengan pembentukan Tim ZI,  jajaran Kejari Tomohon mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Turut hadir, para Kasi dan Kasubag, para Kasubsi dan Kaur, serta para staf Tata Usaha Kejari  Tomohon. (whr)